Ghana Konfirmasi 2 Kasus Virus Marburg Pertama

By Nad

nusakini.com - Internasional - Ghana telah mengkonfirmasi dua kasus pertama dari virus Marburg yang mematikan, penyakit yang sangat menular dalam keluarga yang sama dengan virus yang menyebabkan Ebola.

Dikatakan kedua pasien meninggal baru-baru ini di rumah sakit di wilayah Ashanti selatan.

Sampel mereka kembali positif awal bulan ini dan sekarang telah diverifikasi oleh laboratorium di Senegal.

Pejabat kesehatan di negara Afrika Barat itu mengatakan 98 orang sekarang dikarantina karena diduga kasus dari kontak dekat.

Belum ada pengobatan untuk Marburg - tetapi dokter mengatakan minum banyak air dan mengobati gejala tertentu meningkatkan peluang pasien untuk bertahan hidup.

Virus ini ditularkan ke manusia dari kelelawar yang makan buah dan menyebar antar manusia melalui transmisi cairan tubuh.

Ini adalah penyakit parah, seringkali fatal dengan gejala termasuk sakit kepala, demam, nyeri otot, muntah darah dan pendarahan.

Para pejabat memperingatkan orang-orang untuk menjauh dari gua dan memasak semua produk daging secara menyeluruh sebelum dikonsumsi.

Di Afrika, wabah sebelumnya dan kasus sporadis telah dilaporkan di Angola, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Afrika Selatan dan Uganda, kata WHO. Wabah Marburg pertama kali terjadi di Jerman pada tahun 1967 di mana tujuh orang meninggal.

Virus itu menewaskan lebih dari 200 orang di Angola pada 2005, wabah paling mematikan yang pernah tercatat menurut badan kesehatan global itu. (bbc/dd)